Tips Membeli Drone Quadcopter Berkualitas

Memilih drone atau quadcopter berkualitas tentunya menjadi keharusan apabila Anda ingin membeli mainan tersebut, tidak mengherankan apabila para pecinta atau penggelut hobi menerbangkan pesawat tak berawak rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki drone favorit.

Sejak drone atau quadcopter bukan lagi teknologi robotik yang hanya dimanfaatkan dalam dunia militer, kini semakin banyak yang menyukai dan  menekuni kegiatan ini sebagai hobi. Tentunya, diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus untuk menerbangkan drone tersebut. Itulah mengapa banyak komunitas dan wahana didirikan untuk membantu pecinta drone mengekspresikan hobi mereka.

Meskipun pilihannya semakin banyak, menentukan drone berkualitas bukan pekerjaan yang mudah. Terlepas dari apakah Anda seorang pemula atau sudah mencapai level mahir dalam menerbangkan sebuah drone, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa poin berikut ini saat hendak membeli:
Kualitas kamera

Bagi pengguna drone sebagai sarana pemotretan atau jurnalistik, tentunya kamera yang dapat diandalkan menjadi prioritas utama. Selain membeli drone dengan kamera berkualitas, Anda juga bisa melakukan pemasangan kamera action sendiri pada perangkat yang nanti cukup mumpuni untuk membawanya terbang.

Lamanya terbang

Jangka waktu rata-rata drone berkualitas untuk terbang adalah sekitar 15 menit. Dengan kisaran waktu yang tidak terlalu lama tersebut, Anda diharuskan untuk mahir dalam mengambil gambar semaksimal mungkin. Itulah mengapa dibutuhkan latihan untuk memantapkan kemampuan menjadi pilot remote.

Jarak tempuh selama terbang
Drone diciptakan tidak hanya memiliki kemampuan untuk terbang, tetapi juga penambahan mengunci GPS yang memungkinkanya segera kembali lagi ke titik awal saat baterai terindikasi akan habis. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari kondisi lokasi. Apabila terdapat gedung-gedung tinggi di sekitar drone yang terbang, biasanya perangkat ini akan mengalami gangguan sinyal. Itulah sebabnya drone rata-ratahanya bisa terbang sejauh 500meter hingga 1 kilometer saja.

Baterai
Drone berkualitas tentunya memiliki jangka waktu terbang yang lebih lama serta waktu pengisian ulang yang singkat, sekitar 2 hingga 3 jam. Agar tidak mengganggu aktivitas penggunaan, pilot sebaiknya menyiapkan baterai cadangan sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk baterai pertama kembali terisi penuh.

Harga Tentunya

Membeli sebuah drone berkualitas bukan berarti menghabiskan semua dana Anda. Namun, tentunya Anda harus mempertimbangkan kebutuhan penggunaan perangkat tersebut. Bagi pemula, umumnya drone yang dapat digunakan bisa diperoleh sekitar kurang dari 1 juta rupiah. Untuk keperluan jurnalistik yang profesional, Anda juga bisa memilih drone dengan harga 2 juta hingga 14 juta rupiah.
Baca Juga  Tips Memilih Perangkat Drone Berkualitas


Meskipun termasuk dalam hobi yang mengasyikkan, menerbangkan sebuah drone tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya keamanan, baik bagi orang-orang di sekitar area penerbangan ataupun drone itu sendiri. Tabrakan yang tidak dapat dihindari dapat mengakibatkan perangkat Anda rusak. Kemungkinan lainnya yaitu orang yang tertabrak juga akan mengalami luka. Selain itu, perhatikan pula faktor etika. Jangan sampai drone berkualitas yang memiliki fitur kamera canggih justru mengganggu privasi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain.

Test Drone

No comments:

Post a Comment