ORANG TUA WAJIB BACA !! Ini Dampaknya Bila Tak Cuci Tangan Sebelum Pegang Bayi


Seorang bayi mengalami penyakit pernapasan tak lama setelah digendong ayahnya. Menurut diagnosis dokter, bayi tersebut mengalami Respiratory Syncytial Virus (RSV) akibat orangtua tidak mencuci tangan sebelum menyentuh anaknya.

Seperti diberitakan The Sun, Kamis (18/2/2016), RSV merupakan virus yang sering menyerang bayi di bawah dua tahun. Pada beberapa kasus, virus ini menyebabkan gangguan pernapasan bronkiolitis hingga kematian.

"Saya tidak banyak tahu mengenai RSV. Tapi anak saya seperti kehilangan kesadaran dan segera dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya sudah parah. Paru-paru kanannya rusak dan dia mengalami pneumonia dan bronchiolitis," katanya.

Tak percaya anaknya sakit karena hal sepele, ayahnya sangat menyesal. "RSV ini hampir merenggut nyawa anak saya. Dokter mengingatkan untuk selalu untuk mencuci tangan sebelum menangani anak-anak kecil. Dan pastikan untuk menyelimuti mereka ketika udara di luar dingin," ujarnya.

Bersyukur, bayi mungil ini dapat selamat. Saat ini dia masih dalam proses pemulihan. "RSV sangat menakutkan! Anak saya harus dirawat selama empat bulan di rumah sakit," cerita sang ayah.

Di sisi lain, Oganisasi Kesehatan Anak mengimbau orangtua untuk tidak mengabaikan kesehatan anak karena kebersihan diri. Menurut mereka, RSV dapat dengan mudah menyebar dengan menyentuh orang yang terinfeksi atau permukaan. "Mencuci tangan dengan baik dan sering merupakan kunci menghentikan RSV."



Source: [liputan6.com]