Saat Cegukan Begini Cara Cepat Atasi Cegukan


Setiap orang pasti pernah cegukan (singultus) umumnya  ditandai dengan suara “hik”  hal ini terjadi ketika diafragma, atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, mengalami kontraksi.



Cegukan biasanya terjadi karena :
  1. Makan sambil berbicara atau bisa juga karena makan dan minum terlalu cepat.
  2. Terlalu banyak makan dan minum.
  3. Ketika anda sangat marah atau sangat bersedih, dengan kata lain ketika anda merasa sangat emosional.
  4. Ketika anda mengonsumsi makanan yang panas atau hangat lalu anda minum air dingin atau es.
  5. Tertawa, batuk atau berteriak terlalu keras.Akibat udara dingin di sekitar tubuh kita, bisa disebabkan karena AC (air conditioner) atau kipas. Dan Lainya
Biarpun cegukan dianggap hal biasa hal itu tentu akan membuat anda menjadi tidak merasa nyaman dan terganggu, apalagi ada pekerjaan atau kegiatan penting yang tidak bisa ditinggalkan seperti saat rapat dll,  Nah dalam kondisi seperti itu tentunya anda ingin cegukan segera berlalu, berikut ini tips dan cara  atasi cegukan dengan cepat  yang bisa dicoba untuk atasi cegukan :
Tahan nafas anda

Dengan menahan nafas maka cegukan anda akan segera berhenti dengan segera. Kenapa bisa begitu. dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.

Bernapas di dalam kantong kertas

Cara  ini sama dengan diatas yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh untuk menghentikan cegukan anda. Anda bisa memasukkan kepala anda dalam kantong kertas atau kantong plastik dan bernafas didalamnya kurang lebih 3 menit, hal ini akan menghentikan cegukan anda.

Minum air putih

cara meminumnya harus perlahan lahan jangan langsung dihabiskan, akan lebih efektif lagi jika menggunakan air dingin.

Menarik lidah dengan tangan

Cara aneh ini juga terbukti dapat menghentikan cegukan, caranya julukan lidah anda dan tarik perlahan lidah anda maka cegukan akan berhenti dengan sendirinya.

Membalikkan tubuh

Jika anda berada didalam kamar segera balikkan tubuh anda menyandar ditembok dengan posisi kepala dibawah kaki diatas. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.
 
Menelan gula pasir kering

Menelan gula atau lebih tepatnya diemut dan biarkan mencair dalam mulut anda dengan sendirinya ini juga mampu menghentikan cegukan anda.

Memperlambat nafas

Bernafas dengan lebih tenang atau memperlambat nafas anda.

Namun apabila cegukan membandel dan sering terjadi, tidak salahnya anda mencoba periksakan ke dokter,  mungkin ada masalah dengan pernafasan anda untuk dapat dilakukan penanganan yang lebih baik.