Saat Malam Jam Berapa Anak Sebaiknya Tidur?

Anak - anak memerlukan jam tidur yang harus dipenuhi untuk pertumbuhan tubuh dan mental yang sehat, karena lamanya jam tidur sangat memengaruhi kesehatan fisik, suasana hati, kesehatan mental, hingga perkembangan kognitif, dengan cara yang positif.


Menetapkan jam tidur yang sesuai dengan usia, tak sedikit orangtua yang masih bingung jam berapa sebaiknya anak tidur malam.

Mengatur waktu tidur yang tepat berdasarkan jumlah jam tidur anak sebaiknya diterapkan oleh orangtua. Kemudian, orang tua perlu konsisten dengan itu, bahkan pada akhir pekan.
Seperti yang pernah di rilis The American Academy of Sleep Medicine  pedoman tidur baru untuk anak-anak dan merekomendasikan bahwa :

  • Bayi 4 bulan - 12 bulan harus mendapatkan 12 sampai 16 jam tidur setiap hari.
  • Anak usia 1 - 2 tahun harus mendapatkan 11 sampai 14 jam tidur setiap hari.
  • Anak usia 3 - 5 tahun harus mendapatkan 10 sampai 13 jam tidur setiap hari.
  • Anak usia 6 - 12 tahun harus mendapatkan 9 sampai 12 jam tidur setiap hari.
  • Remaja usia 13 - 18 tahun harus mendapatkan 8 sampai 10 jam tidur setiap hari.
Bila digambarkan menurut jam, maka rekomendasi The American Academy of Sleep Medicine menjadi:
  • Bayi harus tidur pada jam 19.00.
  • Balita harus tidur pada jam 19.30.
  • Anak-anak usia awal sekolah harus tidur pada jam 20.00.
  • Praremaja (6-12 tahun) harus tidur pada jam 20.30.
  • Remaja (13-18) harus tidur antara jam 21.00 – 21.30.
Untuk anak-anak usia prasekolah, membuat rutinitas tidur yang menyenangkan dan tenang seperti membacakan dongeng bisa menjadi pilihan.

Untuk anak-anak yang sudah lebih mandiri untuk tidur, mematikan lampu bisa menjadi awal pembentukan rutinitas. Sedangkan, untuk anak-anak remaja, pastikan untuk mematikan perangkat elektronik dari kamar tidur sebelum mereka tidur.