7 Negara yang Burung Sebagai Lambang Negaranya

Semua negara mempunya lambang negara , mereka memilih lambang negara karena mempunyai arti tertentu dalam riwayat negara tersebut. Tidak jarang hewan digunakan sebagai lambang negara , Contohnya : Harimau , Burung dll. Kali ini saya akan membahas negara yang menggunakan burung sebagai lambang negara

1.Indonesia

 
Burung Garuda
Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda), perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

2.Jerman

Burung Elang Hitam
Lambang negara Jerman, menggambarkan elang hitam dengan paruh dan cakar berwarna merah, di atas latar berbentuk perisai berwarna kuning emas. Warna-warna yang digunakan dalam lambang ini sama dengan warna Bendera Jerman (hitam, merah, dan kuning emas). Bersama dengan Lambang Austria yang memiliki sejarah yang sama, lambang ini merupakan salah satu lambang negara tertua di Eropa yang telah ada sejak abad pertengahan.

3.Amerika Serikat

Burung sebagai lambang negara AS
Lambang negara Amerika Serikat atau Segel Agung Amerika Serikat adalah lambang yang digunakan sebagai segel resmi berbagai dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Federal Amerika Serikat. Lambang ini pertama kali digunakan secara umum pada tahun 1782.

4.Rusia

Burung Elan sebagai lambang negara Rusia
Lambang Federasi Rusia, berasal dari lambang Kekaisaran Rusia, kembali digunakan di Rusia pada tahun 1993. Meskipun lambang ini sering dimodifikasi sejak pemerintahan Ivan III (1462–1505), lambang kini berasal dari abad pertengahan. Tata warna kini berpatokan pada standar abad ke-15. Lambang burung elang dapat ditelusuri kembali ke pemerintahan Peter Agung dari Rusia (1682–1725), meskipun kini lambang elang berwarna emas sedangkan zaman kekaisaran berwarna hitam.

5.Thailand

Burung Garuda sebagai lambang negara Thailand
Lambang negara Thailand menampilkan Garuda, burung mitologi dalam kepercayaan Hindu dan Buddha. Di Thailand figur ini digunakan sebagai lambang keluarga kerajaan dan otoritas. Lambang ini disebut Krut Pha, yang berarti "garuḍa sebagai wahana dewa Wishnu." Lambang ini menjadi lambang negara Thailand sekaligus lambang Raja Thailand. Garuda juga merupakan Lambang Negara Indonesia serta lambang kota Ulan Bator (ibu kota Mongolia).

6.Polandia

Burung Elang putih sebagai lambang negara Polandia
Lambang Polandia berwujud elang putih dalam sebuah perisai berlatar warna merah. Elang ini bermahkota dan memiliki cakar serta paruh berwarna emas. Di Polandia, lambang negara biasanya disebut Elang Putih (Orzeł Biały), dan ditulis menggunakan huruf besar.

7.Papua Nugini

Burung Cendrawasih sebagai lambang negara Papua Nugini
 Lambang negara Papua Nugini, menampilkan gambar Burung Cendrawasih bertengger di atas tombak tradisional dan sebuah gendang kundu .

Terima kasih telah berkunjung, itulah 7 Negara yang menggunakan burung sebagai lambang negara.
Tetap di http://info-anehdunia.blogspot.com untuk mendapatkan info menarik , unik,aneh,dll