Hati-hati! Malware Pencuri Pulsa di Aplikasi Android

Hati-hati! Malware Pencuri Pulsa Bersemayam di Aplikasi Android

Bagi Anda yang menggunakan perangkat mobile berbasis Android, berhati-hatilah dalam memilih aplikasi yang hendak diunduh. Pasalnya dilaporkan saat ini malware yang menyerang perangkat Android tidak saja mampu merusak perangkat, namun juga merugikan korban secara finansial.


Menurut hasil riset perusahaan kemanan komputasi berbasis cloud Pandalabs, hingga saat ini semakin banyak aplikasi yang mengandung malware di Google Play Store. Bahkan sebagian besar di antaranya telah dibekali kemampuan untuk merugikan korban secara finansial dengan menyedot pulsa pada perangkat hingga habis tanpa tersisa.

Cara kerja jenis malware ini adalah dengan cara mendaftarkan nomor telepon pengguna ke layanan SMS premium. Lalu tanpa disadari pulsa yang ada pada perangkat akan tersedot secara otomatis.

Dilansir laman The Hacker News, beberapa aplikasi yang dicurigai mengandung malware penyedot pulsa anatara lain adalah Easy Hairdos, Abs Diets, Workout Routines dan Cupcake Recipes. Kesemuanya adalah aplikasi yang bisa didapat secara gratis.

Lebih lanjut Pandalabs mencatat, sejauh ini mereka telah menemukan lebih dari 300 ribu pengguna perangkat mobile bersistem operasi Android yang telah menjadi korban. Diperkirakan jumlah itu akan terus bertambah hingga 1,2 juta korban hingga akhir tahun 2014.


sumber http://tekno.liputan6.com