Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna

Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna - Sungai Cano Cristales adalah sungai di Kolombia terletak di Serrania de la Macarena provinsi Meta. Sungai ini terletak di daerah terpencil, terisolasi, tidak mudah diakses melalui jalan darat. Sungai ini disebut juga "The Liquid Rainbow" atau sungai pelangi.

Sungai ini juga dijuluki "sungai dari lima warna" - The River of Five Colors - karena warnanya termasuk kuning, hitam, hijau, biru dan khususnya warna merah sehingga mencerminkan berbagai macam nuansa di sekitarnya.

Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna

Arus air sungai mengatur jumlah matahari yang bisa mencapai ganggang, dan selama musim hujan, arus tersebut menjauhkan sinar matahari dari dasar sungai. Pada musim kemarau, airnya terlalu dangkal jadi tidak akan mengeluarkan warna-warna tersebut. Tapi saat-saat diantara kedua musim tersebut merupakan waktu yang tepat bagi Cano Cristales untuk memamerkan warnanya.

Selama waktu-waktu tersebut, dasar sungai ditutupi oleh berbagai warna, mulai dari biru, hingga hijau dan merah, dengan banyak gradasi warna. Sayangnya keindahan ini hanya bertahan beberapa hari, antara musim hujan dan musim kemarau. Tapi hal itu yang justru membuat sungai ini menjadi lebih spesial.
Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna


Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna
Sungai ini memiliki tanaman air dan karang, tetapi sungai itu sendiri nyaris tanpa ikan. Warna merah adalah karakteristik spesies tanaman endemik Macarenia clavigera (Podostemaceae). Tanaman merah menempel erat pada batu di tempat di mana sungai memiliki arus yang lebih cepat. Wilayah ini termasuk hutan hujan hydrophytic, panas, hangat, dan dingin. Gunung disini adalah rumah bagi sekitar 420 spesies burung, 10 spesies amfibi, 43 jenis reptil, dan 8 primata.
Batuan dari Macarenia diperkirakan berumur sekitar 1,2 miliar tahun. Batuan tersebut merupakan perpanjangan di barat perbatasan Guiana dari Venezuela, Guyana, dan Brasil
Cano Cristales,Sungai yang Memiliki 5 Warna
Sayangnya, atau mungkin untungnya, sungai ini terletak didaerah yang terpencil, didekat kota La Macarena. Sungai dengan lebar 20 meter dan panjang 100 meter ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan kuda atau bagal dan hanya sedikit agen perjalanan yang menawarkan perjalanan kesana.