5 Jembatan Air Spektakuler di Dunia

Jembatan adalah struktur yang dibuat untuk menyeberangi segala rintangan seperti sungai, rel kereta api, ataupun jurang. Di berbagai belahan dunia, ada jembatan-jembatan yang dibangun dengan bentuk sangat unik. Tak tanggung-tanggung, bahkan saking uniknya jembatan ini berisi air. Jembatan Air atau disebut juga Navigasi Saluran Air merupakan struktur jembatan saluran air menakjubkan yang dapat dilalui, dibangun di atas sungai, lembah, jalur kereta api atau jalan. Jembatan saluran air yang dapat dinavigasi dibedakan berdasarkan ukuran, kapal kecil atau perahu, dan orang-orang dapat melalui saluran air tersebut.

Berikut ini 5 Jembatan Air Spektakuler di Dunia dan jangan lupa baca 5 Jembatan Paling Unik di Dunia



1. Jembatan Banpo, Korea Selatan 

Jembatan Banpo, Korea Selatan  

Banpo Bridge atau yang lazim kita sebut Jembatan Banpo adalah jembatan utama di pusat kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan, yang menghubungkan Kota Seocho dan Yongsan. Jembatan ini di atas Jamsu Bridge yang membentuk dek ganda di bagian atas jembatan. Ini merupakan jembatan dek ganda pertama yang dibangun di Korea Selatan, sekaligus sebagai jembatan air mancur terpanjang di dunia yang ditetapkan oleh Guinness World Record. Uniknya, jembatan Jamsu pun masih berfungsi sebagai mana mestinya

Selain itu, jembatan ini sengaja dirancang untuk tenggelam selama musim hujan yang tinggi, seperti dek bawah yang terletak dekat dengan permukaan air. Jembatan ini dibangun sebagai jembatan gelagar dan selesai pada tahun 1982. Kemudian pada tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran dengan memasang sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit dengan menggunakan air sungai yang ada di bawahnya. Sejak tahun 2009, jembatan ini mulai beralih menjadi sebuah objek wisata menarik. 


2. Pontcysyllte Aqueduct, Wales


Terletak di Wrexham County Borough, Inggris, dibangun antara 1795 dan 1805 di atas lembah Sungai Dee untuk menghubungkan tambang batubara dari Denbighshire ke sistem saluran nasional melalui Kanal Ellesmere selama Revolusi Industri. Pontcysyllte Aqueduct adalah salah satu prestasi terbesar di dunia saat itu. Selama lebih dari 200 tahun, Pontcysyllte Aqueduct adalah saluran air yang terpanjang dan tertinggi di Inggris, dan saat ini menjadi Situs Warisan Dunia. Memiliki panjang 307 meter, lebar 3,4 meter dan kedalamam 1,60 meter, serta merupakan bagian dari 18 kilometer panjang sistem saluran air. Terdiri dari palung besi cor 38 meter di atas sungai didukung rusuk besi melengkung yang tersambung pada sembilan belas tiang batu berongga. 

Penggunaan kedua cor dan besi tempa di saluran air memungkinkan pembangunan lengkungan yang ringan dan kuat , menghasilkan efek keseluruhan yang bersifat monumental dan elegan. Pengaruh ekonomi dari kanal untuk wilayah itu cukup besar selama paruh pertama abad ke-19, memungkinkan perkembangan pesat dari ekstraksi batubara, logam, tambang batu gamping, dan produksi kapur. Tambang batu tulis dari pegunungan Welsh dan pertanian juga diuntungkan dengan adanya kanal. Saat ini, kanal tidak lagi dipergunakan untuk mengankut kargo batubara dan batu kapur, tetapi merupakan tempat yang populer bagi wisatawan. Sejak 1954 kanal telah dikelola dan dipelihara dalam kondisi dilayari oleh British Waterways.
 

 

3. Briare Aqueduct, Perancis


Briare Aqueduct, Perancis 

Briare Aqueduct adalah saluran kanal Lateral à la Loire di atas Sungai Loire pada yang menuju Sungai Seine di Perancis. Saluran air ini menggantikan sungai-penyeberangan dari kanal untuk memenuhi Canal Briare yang berbahaya pada saat banjir. Antara 1896 dan 2003 itu adalah navigasi saluran air terpanjang di Dunia sampai pembukaan Magdeburg Water Bridge, Jerman. Ini adalah bagian dari Canal Lateral à la Loire, tidak seperti yang umum diyakini, Kanal Briare. Saluran air ini dirancang oleh insinyur Leonce - Abel Mazoyer dan Charles Sigault. Pemasangan batu dan dermaga diselesaikan antara tahun 1890 dan tahun 1896 oleh Gustave Eiffel dan saluran baja diselesaikan oleh Daydé & Pille of Creil. Saluran air ini diresmikan pada 16 September 1896 dengan penyeberangan perahu Aristide, milik Ernest Guingamp. Ini memungkinkan pengembangan transportasi ke pengukur Freycinet antara Loire dan Seine, dan merupakan monumen bersejarah yang terdaftar di Perancis.  

 

4. Edstone Aqueduct, Inggris



Edstone Aqueduct merupakan satu dari tiga saluran air sepanjang 6 kilometer di Warwickshire. Semua yang tidak biasa bahwa saluran ini berada di tingkat bawah kanal. Edstone adalah saluran air terpanjang di Inggris. Melintasi jalan kecil, Birmingham dan kereta api North Warwickshire juga trackbed bekas Jalan kereta api Alcester. Ada pipa dari sisi kanal yang memungkinkan lokomotif untuk menyedot air dan mengisi tangki loco. Beberapa gambar yang sangat baik dari saluran air dengan tangki lokomotif yang diisi dari kanal dapat ditemukan di situs web Warwickshire Railways.

 

5. Stanley Ferry Aqueduct



Stanley Ferry Aqueduct dibangun antara 1836 dan 1839 di West Yorkshire, Inggris. Ini adalah salah satu jembatan lengkung yang pertama di dunia dan dianggap rentang saluran air terpanjang yang terdapat di dalam besi cor. Dirancang oleh George Kulit Sr dan dibangun oleh H. McIntosh , dan masih digunakan sampai sekarang , meskipun tambahan saluran air beton yang lebih luas dibangun bersama dan jembatan kemudian direnovasi pada tahun 1981. Stanley Ferry juga merupakan tempat mengangkut batubara menggunakan perahu dari collieries antara 1863 dan 1985 dan diangkut ke Goole di kereta panjang melalui kanal. Selain itu, jembatan ini juga merupakan salah satu dari tiga tempat penyeberangan bersejarah yang menyeberangi Sungai Calder dekat Wakefield. Karena air itu diperdalam untuk memudahkan lalu lintas feri, tetapi digantikan oleh jembatan pertama pada tahun 1879.

Artikel di atas adalah 5 jembatan Air spektakuler di Dunia versi Info Aneh Unik Menarik . Ingin informasi aneh unik menarik lainnya? tetap di Info Aneh unik menarik