10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai memang memiliki peran yang sangat penting dalam hidup ini. Sungai memiliki fungsi sebagai pemenuhan kehidupan sehari-hari dan untuk kegiatan bekerja. Mungkin mempunyai sungai yang panjang akan mempermudahkan seseorang untuk beraktivitas.Liat saja mulai dari hulu sampai hilir ,akan banyak sekali yang menggunakan sungai tersebut.Berikut ini 10 Sungai terpanjang di dunia.


10. Sungai Zaire / Sungai Kongo


Sungai Zaire / Sungai Kongo

Sungai Zaire atau sungai kongo ini alirannya berawal dari jalur pertemuan sungai Lualap dan Sungai Luapula dan mengalir sampai samudera atlantik. Panjang keseluruhan sungai ini mencapai 2716 mil.

 9. Sungai Irtish


Sungai Irtish

Sungai ini besumber di daerah pegunungan altai di rusia, dan berakhir di pertemuan sungai Ob (sungai terpanjang peringkat 5) dengan panjang keseluruhan mencapai 2758 mil.

8. Sungai Parana


Sungai Parana

Sungai terletak di paraguai, alirannya berawal dari pertemuan antara sungai paranaiba dan sungai grande, dan berakhir di daerah Rio de La Plata dengan panjang keseluruhan mencapai 2795 mil.

7. Sungai Yenise


Sungai Yenise

Sungai ini merupakan salah satu sungi terpanjng di daerah Rusia. berhilir di Gunung Tannu-Ola di daerah Tuva barat, Rusia, dan bermuara di samudera Arktik, dengan panjang keseluruhan mencapai 2800 mil.

6. Sungai Huang He


Sungai Huang He

Sungai Huang He atau sungai kuning, Aliranya dimulai dari sisi timur gunung Kuanlan dan terus mengalir hingga Teluk Vhihli di China bagian barat, panjang keseluruhan sungai ini adalah 2900 mil.


 5. Sungai Ob


Sungai Ob

Sungai ini adalah batas berakhirnya aliran sungai Irtish (peringkat 9). Aliranya dimulai dari gunung Altai Rusia dan bermuara di teluk Ob dengan panjang keseluruhan mencapai 3459 mil.

4. Sungai Yangtse

Sungai Yangtse


Inilah sungai terpanjang di daratan China, Sungai Yangtse atau sungai Chang Jiang, mengalir dari dataran tinggi Tibetan hingga bermuara di laut China. Panjang keseluruhannya mencapai 3602mil.

3. Sungai Mississippi

 
Sungai Mississippi 



Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang kedua di benua Amerika. Alirannya dimulai dari daerah pegunungan Red Rock di Montana dan berakhir di Teluk Meksiko dengan panjang keseluruhan mencapai 3713 mil.


2. Sungai Amazon

 
Sungai Amazon 



Berawall dari aliran glazer danau Fed di peru kemudian melintasi beberapa negara Amerika latin dan berakhir di Samudera Atlantik dengan panjang keseluruhan mencapai 3912 mil.


1. Sungai Nil



Inilah Sungai terpanjang di Dunia, Sungai yang menjadi simbol kemakmuran rakyat mesir ini berhulu di Danau Victorial dan terus mengalir sampai Laut Mediteranian dengan panjang keseluruhan sungai mencapai 4180 mil.

Itulah 10 Sungai Terpanjang di Dunia .Jangan lupa membaca sungai terpanjang di indonesia .Dapatkan informasi aneh,unik dan menarik lainnya di info-anehdunia.blogspot.com