Pengertian SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strenghths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Ini adalah teknik untuk menyediakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi secara sistematis posisi organisasi; caranya berhubungan dengan lingkungan eksternal dan masalah serta peluang yang dihadapi. Tujuan analisis SWOT adalah untuk memisahkan masalah pokok dan memudahkan pendekatan strategis.

Contoh dari analisis SWOT adalah sebagai berikut:

Saya  adalah seorang pelaksana di KPKNL Singaraja di wilayah Kanwil DJKN XIV Denpasar.  Dan telah memasuki masa kerja selama 14 tahun dan Selama bekerja saya telah mengikuti  berbagai diklat teknis  dan beberapa workshop teknis yang  sangat bermanfaat dan menunjang kelancaran dalam pekerjaan teknis  sehari – hari di kantor seperti seorang Jurusita, Penilai dan Pemeriksa. Sebelum bekerja di KPKNL Singaraja pernah di KPKNL Denpasar . 

# Strenghthess / kekuatan
    -Pengalaman kerja selama 14 tahun dan pernah ikut berbagai diklat teknis , tentu akan lebih/
     siap dan  berpeluang untuk ditempatkan di berbagai posisi / bidang kerja di kantor
-    Sangat mengerti tentang IT mulai dari pengolahan database dengan beberapa bahasa pemograman,  menguasai jaringan LAN, maintenance software dan hardware computer.

# Weakness / kelemahan
Jarang Pindah ke luar daerah bisa merupakan kelemahan karena pengalaman kerja 14 tahun dalam satu tempat tentu berbeda dengan seorang dengan pengalaman kerja  lama di  berbagai tempat yang berbeda.

# Opportunities/peluang
Karena banyaknya  jumlah kantor yang ada maupun rencana kantor yang akan dibuka di berbagai tempat di wilayah nusantara tentu merupakan peluang untuk bisa pindah dan menempati posisi kerja yang lebih baik dan lebih memiliki tanggung jawab sebelumnya.

# Threats/ancaman
 Banyaknya pelaksana yang mempunyai masa kerja  dan Diklat yang sama tentu merupakan ancaman.
Peraturan dan persyaratan untuk menduduki suatu posisi kerja yang ada maupun yang akan muncul akan datang.

<